TERAKREDITASI "B" (SK BAN-PT NOMOR: 1146/SK/BAN-PT/AKRED/M/XI/2015)

DARI SINI PENCERAHAN BERSEMI

Himpunan Alumni dibentuk mulai tahun 2013, pada tingkat program studi Magister Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan nama Ikatan Magistra Pendidikan Islam (IKMAPI). Aktivitas dan kegiatan IKMAPI yang telah mendukung kemajuan program studi antara lain:

I. Kegiatan Akademik

  1. Sumbangan Dana: Setiap tahun IKMAPI telah membantu melengkapi sarana dan perpustakaan program studi dalam bentuk buku-buku referensi yang diambil dari iuran anggota IKMAPI pada saat Yudisium.
  2. Fasilitas: Bantuan dana IKMAPI diperoleh dari iuran anggota. Untuk mendapatkan kartu anggota alumni menyumbang dana sebesar Rp. 50.000,- untuk pemenuhan kebutuhan fasilitas seperti LCD mobile dan Laptop.
  3. Masukan untuk Perbaikan Proses Pembelajaran: Keterlibatan Alumni dalam memberikan masukan untuk perbaikan proses pembelajaran dilakukan melalui trecer study dan studi kelayakan pelayanan akademik. Trecer Study dilakukan dalam kegiatan perbaikan kurikulum dan model pembelajaran yang mengarah pada basis riset, dan bahasa. Sedangkan studi kelayakan pelayanan akademik dilaksanakan dengan cara penyebaran koesioner kepuasan mahasiswa studi di Prodi magister Manajemen pendidikan Islam pada saat yudisium.
  4. engembangan Jejaring: Alumni melakukan pengembangan jejaring melalui keterlibatannya sebagai narasumber pelatihan/workshop/seminar di luar kampus dengan mencantumkan asal studi mereka. Disamping itu beberapa alumni telah membantu prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam mengembangkan jaringan (MoU) dibeberapa lembaga tempat mereka bekerja, seperti BNN, BNPT, PTM lain, Pemerintahan dan Pondok Pesantren.

II. Kegiatan Non Akademik

  1. Sumbangan Dana: menjadi sponsor dalam kegiatan seminar dan workshop.
  2. Fasilitas: Bantuan fasilitas kantor dan ruang belajar seperti Cold Case, Dispenser dan TV.
  3. Masukan untuk Perbaikan Proses Pembelajaran: Keterlibatan Alumni dalam memberikan masukan lewat jejaring sosial facebook terhadap kegiatan pengabdian pada masyarakat, dan kegiatan seminar/pelatihan yang telah diselenggarakan oleh program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam.
  4. Pengembangan Jejaring: IKMAPI telah menjadi media penghubung antar alumni dalam satu angkatan maupun beda angkatan yang terkait dengan informasi pekerjaan atau beasiswa studi lanjut. Oleh karenanya untuk mendukung kegiatan ini IKMAPI telah memanfaatkan media berbasis teknologi informasi seperti: pps.umsida.ac.id/dataalumni. Media tersebut berfungsi untuk pendataan alumni dan. memfasilitasi pengembangan keilmuan dan informasi karir/studi lanjut. Dan untuk mengakrapkan interaksi antar alumni, maka dibuatlah group “Magistra Pendidikan Islam Umsida” di situs jejaring facebook dan twitter yang berfunsgi sebagai media interaksi dan komunikasi antar alumni, mahasiswa program studi magister pendidikan Islam, dan para dosen.