TERAKREDITASI "B" (SK BAN-PT NOMOR: 1146/SK/BAN-PT/AKRED/M/XI/2015)

DARI SINI PENCERAHAN BERSEMI

 

Penyusunan kurikulum Prodi MPI memperhatikan masukan dari para stakeholders, mencakup pengguna lulusan, alumni, ahli di bidang manajemen baik praktisi maupun ilmuwan, perguruan tinggi lain (negeri dan swasta), dan para dosen di lingkungan UMSIDA, serta trend keilmuan yang berkembang dalam era saat kurikulum diberlakukan. Kurikulum juga disusun dengan mengacu visi dan misi lembaga serta mengindahkan pedoman regulasi yang berlaku, tercakup di dalamnya KKNI dan SNPT.
Adapun learning outcome untuk lulusan S2 (Level 8) adalah lulusan Prodi MPI:

  1. Mampu mengembangkan ilmu manajemen pendidikan Islam secara profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji;
  2. Mampu memecahkan permasalahan manajemen pendidikan Islam melalui pendekatan inter- atau multidisiplin;
  3. Mampu mengelola riset yang menghasilkan karya ilmu manajemen pendidikan Islam yang dapat membantu kehidupan berorganisasi dalam dunia manajemen dan kepemimpinan pendidikan sehingga mendapatkan kualitas kerja yang berstandar nasional dan internasional;
  4. Mampu menghasilkan karya-karya keilmuan manajemen pendidikan Islam yang dapat dipublikasikan secara nasional dan internasional pada berbagai jurnal yang terakreditasi;
  5. Mampu mempromosikan kemajuan ilmu manajemen pendidikan Islam secara akademis yang dapat diterapkan secara profesional di masyarakat yang lebih luas;
  6. Mampu mengembangkan pengetahuan ilmu manajemen pendidikan Islam, yang dapat diterapkan pada berbagai kegiatan manajemen dan kepemimpinan pendidikan sehingga menghasilkan efektivitas dan efisiensi dalam proses manajerial yang ada;
  7. Mampu berpikir kreatif dan inovatif sehingga dapat memecahkan permasalahan manajemen pendidikan Islam di berbagai bidang organisasi atau kelembagaan manajemen dan kepemimpinan pendidikan dengan pendekatan etis dan profesional;
  8. Mampu mengembangkan disiplin keilmuannya sesuai bidang keahliannya, guna kemaslahatan masyarakat yang lebih luas.