TERAKREDITASI "B" (SK BAN-PT NOMOR: 1146/SK/BAN-PT/AKRED/M/XI/2015)

DARI SINI PENCERAHAN BERSEMI

 

Pelaksanaan penelitian tesis oleh mahasiswa Prodi MPI dilakukan di bawah bimbingan seorang dosen pembimbing yang mendapatkan penugasan berdasarkan SK Dekan FAI UMSIDA. Proses pembimbingan sendiri termonitoring dan dapat dievaluasi melalui kartu konsultasi yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa Prodi MPI sejak semester II. Di dalam kartu konsultasi tersebut terdapat komponen-komponen yang dapat menggambarkan intensitas konsultasi mahasiswa bersangkutan mulai dari penyusunan proposal hingga draf tesis selesai. Catatan tersebut dapat membantu mahasiswa mengatasi kesulitan dalam pelaksanaan penelitian tesis. 
Adapun proses pembimbingan dapat digambarkan secara lebih utuh sebagai berikut:

  1. Apabila usulan tema penelitian telah disetujui Kaprodi MPI, mahasiswa menyiapkan proposal tesis dengan arahan Dosen Pembimbing.
  2. Apabila sudah mendapatkan persetujuan pembimbing, mahasiswa menyiapkan usulan penelitian untuk dipresentasikan dalam Seminar Proposal.
  3. Kaprodi mengkoordinasikan jadwal seminar proposal penelitian yang wajib dihadiri mahasiswa pengusul dan Dosen Pembimbing.
  4. Setelah seminar proposal, mahasiswa wajib melakukan perbaikan usulan penelitian tesis berdasarkan masukan dari tim pembimbing dan mahasiswa yang hadir dalam seminar.
  5. Mahasiswa wajib menyerahkan 3 eksemplar teks usulan peneltian tesis yang telah diperbaiki ke sekretariat PS untuk dinilai oleh tim pembimbing.
  6. Mahasiswa wajib melakukan konsultasi secara rutin dengan masing-masing pembimbing minimal 7 kali dengan mengisi laporan pembimbingan.
  7. Ujian tesis diselenggarakan setelah mendapat persetujuan dari Dosen Pembimbing.